Annyeong haseyo… ^^ selamat datang… ^^ Ahlan wa sahlan… ^^ Wilujeung Sumping… ^^

Baju Tradisional Korea

Baju tradisional merupakan symbol kebudayaan suatu daerah atau negara.

Hanbok, baju tradisional korea yang digunakan saat ini memiliki corak bernuansa confusian warisan dari dinasti Joseon (1392 -1910). Keindahan hanbok terletak pada harmoni dari warna yang tegas dan garis sederhana. Hanbok wanita terdiri dari rok panjang dan jaket, Hanbok Wanita ini disebut chima-jeogori. Dalam bahasa korea, chima berarti rok dan jeogori berarti jaket.

Bagian – bagian dari hanbok adalah:

Jeogori

Jeogori merupakan bagian atas dari hanbok. Jeogori untuk pria lebih besar dan simple. Sedangkan jeogori untuk wanita lebih pendek dan memiliki garis tepi sebagai hiasan.

Dongjeong

Adalah kerah putih yang terdapat disepanjang garis leher. Kerah tersebut membuat potongan kerah secara keselirihan menjadi lebih kontras dan harmonis

Otgoreum

Adalah ornamen yang tergantung vertikal pada bagian depan chima

Baerae

Adalah garis terbawah dari lengan jeogori atau magoja (jaket luar). Dengan bentuk garis melingkar yang membentuk kurva, seripa dengan garis yang terdapat pada bagian atap rumah tradisional Korea.

Chima

Adalah bagian luar rok wanita. Ada beberapa bentuk chima: single-layered, double-layered, dan quilted. Pul-chima adalah chima dengan potongan punggung terpisah, sedangkan tong-chima memiliki kelim/pelipit pada bagian punggungnya.

Pola

Pola tradisional hanbok memiliki kombinasi garis anggun dan warna yang menampilkan keindahan dari hanbok tersebut. Bentuk pola hewan, tumbuhan, dan pola alam lainnya ditambahkan pada pinggiran rok, maupun pada bagian luar dari kerah disekitar bahu.

Beoseon

Adalah sepasang kaos kaki. Bentuk dari beoseon sebenarnya
tidak merefleksikan perbedan gender penggunanya, baik pria maupun wanita. Hanya saja beoseon pria memiliki pelipit lurus.

aku suka sekali ketika melihat para wanita korea mengenakan Hanbok,,, terLihat anggun & seperti permasuri yang ada di kerajaan-kerajaan pada zaman dahulu kala…


Ingin sekali ‘mencoba’ untuk mengenakan Hanbok,, sempat terpikir untuk mencari pola Hanbok lalu dibawa ke tukang jahit,,, tapi… sampai saat ini.. hal itu belum juga dilaksanakan.. aTau… nunggu sampai ada yang ngasih Hanbok Gratis,,, itu sih maunya,,, hehe… ^^

Leave a Reply

Fill in your details below or click an icon to log in:

WordPress.com Logo

You are commenting using your WordPress.com account. Log Out / Change )

Twitter picture

You are commenting using your Twitter account. Log Out / Change )

Facebook photo

You are commenting using your Facebook account. Log Out / Change )

Google+ photo

You are commenting using your Google+ account. Log Out / Change )

Connecting to %s

Follow

Get every new post delivered to your Inbox.

Join 2,725 other followers